Memperkenalkan Teknologi Dimasa Kini - Pengantar Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur
Discovering Computers Enhanced Edition © 2017
MEMPERKENALKAN
TEKNOLOGI DIMASA KINI
Komputer adalah perangkat
elektronik yang beroperasi di bawah kendali dan intruksi yg tersimpan di sebuah
memori, yang dapat menerima data (input), memproses data sesuai aturan,
menghasilkan informasi (output, dan menyimpan informasi untuk penggunaan masa
depan.
INPUT – PROSES – OUTPUT
1.
Data dan Informasi
Siklus pengolahan Informasi :
a.
Data (Input)
b.
Penyimpanan / Proses
c.
Informasi (Output)
Perangkat Informasi :
-
Keyboard : memasukan data dan intruksi ke dalam
computer
-
Pointing device : perangkat input untuk
mengendalikan kecil di layer disebut pointer.
-
Scanner : perangkat input untuk mengubah teks /
gambar yang tecetak menjadi bentuk yang dapat di proses oleh computer
-
Output device : komponen perangkat keras yang
menyampaikan informasi dari komputer kepada satu orang atau lebih.
-
Printer adalah perangkat output yang
menghasilkan teks dan grafik pada media fisik, seperti kertas atau bahan
lainnya.
-
Display adalah perangkat output yang secara
visual menyampaikan informasi teks, grafik, dan video
-
Speakers
untuk mendengar audio seperti musik, suara, dan suara lainnya.
-
Memori komponen elektronik yang menyimpan
instruksi untuk dieksekusi dan data yang
dibutuhkan oleh instruksi tersebut
-
Computer menyimpan data, instruksi, dan
informasi pada media penyimpanan. mencatat (menulis) dan / atau mengambil
(membaca) item ke dan dari media penyimpanan.
Macam-macam Penyimpanan Data :
-
Hard disk
-
Memori card
-
USB Flash disk
-
SSD
-
Optical disk
-
Cloude penyimpanan
2.
WEB
-
World Wide Web atau WWW
atau juga dikenal dengan WEB adalah salah satu layanan yang didapat oleh
pemakai computer yang terhubung ke internet.
-
web terdiri dari kumpulan dokumen elektronik di
seluruh dunia, yang masing-masing disebut webpage.
-
website adalah kumpulan webpage terkait
-
web server adalah komputer yang mengirimkan
laman web yang diminta ke komputer Anda
Contoh
Website :
-
Internet adalah
kumpulan jaringan komputer di seluruh dunia yang menghubungkan jutaan bisnis,
instansi pemerintah, institusi pendidikan, dan individu.
-
Browser adalah perangkat lunak yang memungkinkan
pengguna dengan koneksi Internet mengakses dan melihat halaman Web pada
komputer atau perangkat mobile
Contoh Browser :
-
Search engine adalah perangkat lunak yang menemukan
situs web, halaman web, gambar, video, berita, peta, dan informasi lainnya yang
terkait dengan topik tertentu
Contoh Search Engine :
-
Online social network mendorong anggota untuk
berbagi minat, gagasan, cerita, foto, musik, dan video mereka dengan pengguna
terdaftar lainnya.
Contoh Sosial Media :
3.
KESELAMATAN DAN KEAMANAN DIGITAL
Resiko
keamanan digital adalah setiap kejadian atau tindakan yang dapat menyebabkan
hilangnya atau kerusakan pada perangkat keras, perangkat lunak, data, informasi,
atau kemampuan perangkat keras komputer.
Setiap tindakan ilegal yang melibatkan penggunaan komputer atau perangkat terkait umumnya disebut sebagai kejahatan komputer. Cybercrime adalah tindakan ilegal berbasis online atau berbasis internet. Penting bahwa pengguna melindungi komputer dan perangkat seluler mereka.
Setiap tindakan ilegal yang melibatkan penggunaan komputer atau perangkat terkait umumnya disebut sebagai kejahatan komputer. Cybercrime adalah tindakan ilegal berbasis online atau berbasis internet. Penting bahwa pengguna melindungi komputer dan perangkat seluler mereka.
Kejahatan pada computer contohnya seperti ;
-
Virus dan Malware
-
Data pribadi
-
Kesehatan
-
Lingkungan
Green computing melibatkan
pengurangan listrik yang dikonsumsi dan limbah lingkungan yang dihasilkan saat
menggunakan computer
Strategi Meliputi :
§
Mendaur ulang
§
Menggunakan perangkat hemat energi dan hemat
energi
§
Mengatur proses pembuatan
§
Memperpanjang umur komputer
§
Segera menyumbangkan atau membuang komputer
dengan benar
4.
PROGRAM APLIKASI
Program Aplikasi adalah
software atau perangkat lunak komputer yang dibuat untuk melakukan tugas
tertentu.Jika sistem operasi komputer (misalnya Windows) berfungsi untuk
melakukan operasi dasar, program aplikasi tertentu bisa kita tambahkan
(install) untuk melengkapi kemampuan sistem operasi komputer untuk melakukan
tugas-tugas yang lebih spesifik.
-
Software, biasa disebut program, memberitahu
komputer tugas apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya
-
Menginstal sebuah program adalah proses
menyiapkan program untuk bekerja dengan komputer, perangkat mobile, printer,
dan / atau perangkat keras lainnya. Setelah terinstal, Anda bisa menjalankan
program sehingga Anda bisa berinteraksi dengannya. Anda berinteraksi dengan
sebuah program melalui antarmuka penggunanya.
-
software developer, biasa disebut developer atau
programmer, adalah seseorang yang mengembangkan program dan aplikasi atau
menulis instruksi yang mengarahkan komputer atau perangkat mobile untuk
mengolah data menjadi informasi
5.
KOMUNIKASI DAN JARINGAN
Jaringan Teknologi
Komunikasi adalah
serangkaian interkoneksi antar teknologi yang saling berhubungan satu dan
lainnya. Perkembangan teknologi kian pesat. Dalam setiap hal yang dilakukan oleh tiap
orang, akan sangat berhubungan dengan teknologi.
Seperti
:
-
Chat rooms
-
Email
-
Fax
-
FTP
-
GPS
-
Instant messaging
-
Internet
-
Newsgroups
-
RSS
-
Videoconference
-
Voice mail
-
VoIP
-
Wireless Internet access points
-
Wireless messaging services
a.
Perangkat Komunikasi adalah perangkat
keras yang mampu mentransfer barang dari komputer dan perangkat ke media
transmisi dan sebaliknya
Contoh teknologi komunikasi nirkabel meliputi:
-
Wi-Fi
-
Bluetooth
-
Cellular radio
b.
network adalah kumpulan komputer dan
perangkat yang saling terhubung, seringkali tanpa kabel, melalui perangkat
komunikasi dan media transmisi.
Network terbagi 2 :
1.
Home Network
-
Terhubung dengan internet
-
Bagikan kecepatan tinggi tunggal koneksi
internet
-
Akses foto, musik, video, dan konten lainnya
-
Bagikan perangkat
-
Mainkan game multi-pemain
-
Hubungkan konsol game ke Internet
-
Berlangganan dan gunakan VoIP
-
Berinteraksi dengan perangkat lain di rumah
Pintar
2.
Jaringan Bisnis
-
Memfasilitasi komunikasi
-
Bagikan perangkat keras
-
Bagikan data, informasi, dan perangkat lunak
6.
PENGGUNA TEKNOLOGI
-
Education
-
Government
-
Finance
-
Retail
-
Entertainment
-
Health Care
-
Science
-
Travel
-
Publishing
-
Manufacturing