Catatan Dan Sharing Information

Tuesday, September 17, 2019

Memperkenalkan Teknologi Dimasa Kini - Pengantar Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur

Discovering Computers Enhanced Edition © 2017 


MEMPERKENALKAN TEKNOLOGI DIMASA KINI

Komputer adalah perangkat elektronik yang beroperasi di bawah kendali dan intruksi yg tersimpan di sebuah memori, yang dapat menerima data (input), memproses data sesuai aturan, menghasilkan informasi (output, dan menyimpan informasi untuk penggunaan masa depan.
INPUT – PROSES – OUTPUT
1.         Data dan Informasi
Siklus pengolahan Informasi :
a.       Data (Input)
b.       Penyimpanan / Proses
c.       Informasi (Output)
Perangkat Informasi :
-          Keyboard : memasukan data dan intruksi ke dalam computer
-          Pointing device : perangkat input untuk mengendalikan kecil di layer disebut pointer.
-          Scanner : perangkat input untuk mengubah teks / gambar yang tecetak menjadi bentuk yang dapat di proses oleh computer
-          Output device : komponen perangkat keras yang menyampaikan informasi dari komputer kepada satu orang atau lebih.
-          Printer adalah perangkat output yang menghasilkan teks dan grafik pada media fisik, seperti kertas atau bahan lainnya.
-          Display adalah perangkat output yang secara visual menyampaikan informasi teks, grafik, dan video
-          Speakers  untuk mendengar audio seperti musik, suara, dan suara lainnya.
-          Memori komponen elektronik yang menyimpan instruksi  untuk dieksekusi dan data yang dibutuhkan oleh instruksi tersebut
-          Computer menyimpan data, instruksi, dan informasi pada media penyimpanan. mencatat (menulis) dan / atau mengambil (membaca) item ke dan dari media penyimpanan.

Macam-macam Penyimpanan Data :
-        Hard disk
-        Memori card
-        USB Flash disk
-        SSD
-        Optical disk
-        Cloude penyimpanan
2.       WEB
-          World Wide Web atau WWW atau juga dikenal dengan WEB adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet.
-          web terdiri dari kumpulan dokumen elektronik di seluruh dunia, yang masing-masing disebut webpage.
-          website adalah kumpulan webpage terkait
-          web server adalah komputer yang mengirimkan laman web yang diminta ke komputer Anda

Contoh Website :



-          Internet adalah kumpulan jaringan komputer di seluruh dunia yang menghubungkan jutaan bisnis, instansi pemerintah, institusi pendidikan, dan individu.
-          Browser adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna dengan koneksi Internet mengakses dan melihat halaman Web pada komputer atau perangkat mobile

Contoh Browser :


-          Search engine adalah perangkat lunak yang menemukan situs web, halaman web, gambar, video, berita, peta, dan informasi lainnya yang terkait dengan topik tertentu

Contoh Search Engine :


-          Online social network mendorong anggota untuk berbagi minat, gagasan, cerita, foto, musik, dan video mereka dengan pengguna terdaftar lainnya.

Contoh Sosial Media :


3.       KESELAMATAN DAN KEAMANAN DIGITAL
Resiko keamanan digital adalah setiap kejadian atau tindakan yang dapat menyebabkan hilangnya atau kerusakan pada perangkat keras, perangkat lunak, data, informasi, atau kemampuan perangkat keras komputer. 
Setiap tindakan ilegal yang melibatkan penggunaan komputer atau perangkat terkait umumnya disebut sebagai kejahatan komputer. Cybercrime adalah tindakan ilegal berbasis online atau berbasis internet. Penting bahwa pengguna melindungi komputer dan perangkat seluler mereka.

Kejahatan pada computer contohnya seperti ;
-          Virus dan Malware
-          Data pribadi
-          Kesehatan
-          Lingkungan
Green computing melibatkan pengurangan listrik yang dikonsumsi dan limbah lingkungan yang dihasilkan saat menggunakan computer
Strategi Meliputi :
§  Mendaur ulang
§  Menggunakan perangkat hemat energi dan hemat energi
§  Mengatur proses pembuatan
§  Memperpanjang umur komputer
§  Segera menyumbangkan atau membuang komputer dengan benar

4.       PROGRAM APLIKASI
Program Aplikasi adalah software atau perangkat lunak komputer yang dibuat untuk melakukan tugas tertentu.Jika sistem operasi komputer (misalnya Windows) berfungsi untuk melakukan operasi dasar, program aplikasi tertentu bisa kita tambahkan (install) untuk melengkapi kemampuan sistem operasi komputer untuk melakukan tugas-tugas yang lebih spesifik.
-          Software, biasa disebut program, memberitahu komputer tugas apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya
-          Menginstal sebuah program adalah proses menyiapkan program untuk bekerja dengan komputer, perangkat mobile, printer, dan / atau perangkat keras lainnya. Setelah terinstal, Anda bisa menjalankan program sehingga Anda bisa berinteraksi dengannya. Anda berinteraksi dengan sebuah program melalui antarmuka penggunanya.
-          software developer, biasa disebut developer atau programmer, adalah seseorang yang mengembangkan program dan aplikasi atau menulis instruksi yang mengarahkan komputer atau perangkat mobile untuk mengolah data menjadi informasi


5.       KOMUNIKASI DAN JARINGAN
Jaringan Teknologi Komunikasi adalah serangkaian interkoneksi antar teknologi yang saling berhubungan satu dan lainnya. Perkembangan teknologi kian pesat. Dalam setiap hal yang dilakukan oleh tiap orang, akan sangat berhubungan dengan teknologi.

Seperti :


-          Chat rooms
-          Email
-          Fax
-          FTP
-          GPS
-          Instant messaging
-          Internet
-          Newsgroups
-          RSS
-          Videoconference
-          Voice mail
-          VoIP
-          Wireless Internet access points
-          Wireless messaging services

a.       Perangkat Komunikasi adalah perangkat keras yang mampu mentransfer barang dari komputer dan perangkat ke media transmisi dan sebaliknya


Contoh teknologi komunikasi nirkabel meliputi:
-          Wi-Fi
-          Bluetooth
-          Cellular radio
b.       network adalah kumpulan komputer dan perangkat yang saling terhubung, seringkali tanpa kabel, melalui perangkat komunikasi dan media transmisi.

Network terbagi 2 :
1.       Home Network
-          Terhubung dengan internet
-          Bagikan kecepatan tinggi tunggal koneksi internet
-          Akses foto, musik, video, dan konten lainnya
-          Bagikan perangkat
-          Mainkan game multi-pemain
-          Hubungkan konsol game ke Internet
-          Berlangganan dan gunakan VoIP
-          Berinteraksi dengan perangkat lain di rumah Pintar

2.       Jaringan Bisnis
-          Memfasilitasi komunikasi
-          Bagikan perangkat keras
-          Bagikan data, informasi, dan perangkat lunak

6.       PENGGUNA TEKNOLOGI
-          Education
-          Government
-          Finance
-          Retail
-          Entertainment
-          Health Care
-          Science
-          Travel
-          Publishing
-          Manufacturing