Catatan Dan Sharing Information

Friday, September 27, 2019

Komputer dan Mobile device - Pengantar Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur

Discovering Computers Enhanced Edition © 2017 
         

          Jenis Jenis Dari Komputer dan Mobile Device :
a.       Laptop, tablet, dan desktop
b.       Server dan terminal
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Sedangkan terminal suatu terminal atau alat komputer yang digunakan oleh manusia yang hanya terdiri dari monitor dan keyboard.
c.       Smartphone, kamera digital, e-book, media player.
d.       Perangkat game
e.  Suatu komputer yang dimasukan ke dalam peralatan tertentu untuk melakukan satu atau beberapa fungsi spesifik saja. 
Contohnya : komputer di dalam lampu lalu lintas, router, dll.

Mobile computers adalah komputer pribadi portable, yang dirancang sehingga pengguna mudah membawa nya.
Komputer (PC) adalah komputer mobile atau desktop yang dapat melakukan semua input, proses, output, dan proses penyimpanan dengan sendirinya.
Laptop disebut komputer notebook yang memiliki bobot ringan dengan layar dan keyboard.
Tablet adalah ponsel yang ringan atau komputer yang memiliki layar sentuh.
Komputer genggam adalah sebuah komputer cukup kecil untuk muat di suatu tangan.
Desktop adalah komputer pribadi yang dirancang untuk berada dalam di mana semua komponennya muat pada satu tempat.


Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Rak server, blade server, tower server.

Virtualisasi adalah praktek berbagi atau penyatuan sumber daya komputasi, seperti server dan perangkat penyimpanan. Virtualisasi server menggunakan perangkat lunak untuk memungkinkan sebuah server fisik untuk meniru hardware dan komputasi kemampuan satu atau lebih server, yang dikenal sebagai server virtual

Mainframe adalah kelas tertinggi dari komputer yang terdiri dari komputer-komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi yangrumit dalam waktu yang singkat.

Terminal adalah komputer, biasanya dengan kekuatan pemrosesan yang terbatas, yang memungkinkan pengguna untuk mengirim data ke dan / atau menerima informasi dari server, atau host komputer Sebuah thin client adalah terminal yang terlihat seperti desktop tetapi kemampuan terbatas dan komponen Sebagian besar toko ritel menggunakan terminal POS untuk pembelian catatan, kredit proses atau kartu debit, dan Update persediaan.


Cloud computing adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login). Ada 3 (tiga) model pengiriman (delivery) dalam komputasi awan: (1) Software as a Service (SaaS), (2) Platform as a Service (PaaS), dan (3) Infrastructure as a Service (IaaS). SaaS merupakan layanan untuk menggunakan aplikasi yang telah disediakan – penyedia layanan mengelola platform dan infrastruktur yang menjalankan aplikasi tersebut. PaaS merupakan layanan untuk menggunakan platform yang telah disediakan – pengembang fokus pada aplikasi yang dibuat tanpa memikirkan tentang pemeliharaan platform. IaaS merupakan layanan untuk menggunakan infrastruktur yang telah disediakan.
Ada 4 (empat) model penyebaran (deployment) dalam komputasi awan: (1) public cloud, (2) private cloud, (3) hybrid cloud, dan (4) community cloud. Public cloud penggunaannya hampir sama dengan shared hosting, di mana dalam 1 (satu) server ada banyak pengguna. Private cloud hanya ada 1 (satu) pengguna dalam server. Hybrid cloud dapat digunakan untuk public atau private cloud. Sedangkan community cloud dapat digunakan bersama-sama oleh beberapa perusahaan yang memiliki kesamaan kepentingan. Model penyebaran komputasi awan kadang sering disebut sebagai cloud storage.

e-reader adalah perangkat mobile yang digunakan terutama untuk membaca e-buku dan publikasi digital lainnya.

Pengertian Embedded komputer menurut Wikipedia adalah suatu komputer yang dimasukan ke dalam peralatan tertentu untuk melakukan satu atau beberapa fungsi spesifik saja. Lawannya adalah PC (personal computer) yang dapat melakukan fungsi-fungsi umum. Embedded komputer tidak berbentuk seperti “komputer” yang kita kenal, mungkin hanya berupa sepotong chips. Contoh nya : komputer di dalam lampu lalu lintas, router, dll.


Embedded Computer adalah sistem komputer yang di desain untuk melakukan fungsi spesifik dan ditanamkan pada suatu sistem yang lebih besar.
Embedded Computer : Embedded Computer( komputer benam) memiliki fungsi spesifik untuk mendukung kerja suatu alat. Embedded Computer tertanam sebagai bagian dari perangkat lain. Sebaliknya, komputer dengan fungsi, seperti komputer pribadi (PC), dirancang fleksibel dan dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengguna. Embedded Computer banyak digunakan pada perangkat-perangkat elektronik saat ini.


Port adalah titik di mana perangkat periferal menempel atau berkomunikasi dengan komputer atau perangkat seluler sehingga perangkat periferal dapat mengirim data ke atau menerima informasi dari komputer atau perangkat seluler

Konektor adalah bergabung dengan kabel ke port. Konektor di salah satu ujung kabel menempel ke port di komputer atau perangkat seluler, dan konektor di ujung kabel lainnya menempel ke port di perangkat periferal.
Port USB, kependekan dari port serial universal, dapat menghubungkan hingga 127 perangkat periferal yang berbeda bersama dengan satu konektor. menghubungkan komputer dan perangkat seluler ke perangkat periferal dengan kabel, beberapa perangkat periferal menggunakan teknologi komunikasi nirkabel. Contohnya Bluetooth, wi-fi, NFC.


Untuk membantu mengurangi kemungkinan pencurian, perusahaan dan sekolah menggunakan berbagai langkah keamanan ; Kontrol akses fisik, Sistem alarm, Perangkat keamanan fisik, Aplikasi keamanan atau pelacakan perangkat, Membutuhkan identifikasi.

Perangkat keras dapat gagal karena berbagai alasan: perangkat keras yang menua; kejadian acak seperti masalah daya listrik; dan bahkan kesalahan dalam program atau aplikasi : Dibawah tegangan, Tegangan lebih atau lonjakan daya.

Pelindung lonjakan, juga disebut penekan lonjakan, menggunakan komponen listrik untuk memberikan aliran arus yang stabil dan meminimalkan kemungkinan tegangan lebih mencapai komputer dan peralatan elektronik lainnya.

Uninterruptible power supply (UPS) adalah perangkat yang mengandung sirkuit perlindungan lonjakan arus dan satu atau lebih baterai yang dapat menyediakan daya selama listrik sementara atau permanen hilang.