Catatan Dan Sharing Information

Wednesday, December 6, 2017

Cara Setting PTP Nanostation M5 Sebagai Station (Client)


Disini mensetting Nanostation yang digunakan sebagai client sangatkan mudah, tidak serumit pada pengaturan untuk Access Point, karena Station atau Client hanya mengambil jaringan yang sudah ada yang dipancarkan oleh si Access Point.

Untuk Mensetting Nanostation ini ke dalam mode Access Point, bisa dilihat pada artikel sebelumnya "Cara Setting Nanostation M5 Sebagai Access Point dan Station" .

> Langkah pertama untuk mensett Nanostation ini tentu kita harus tersambung terlebih dahulu ke alat Nano nya dulu dengan cara menyambungkan kabel lan ke laptop/komputer dengan menggunakan POE (Power of Ethernet) karena alat ini tidak dapat menyala tanpa POE.

> Setelah komputer sudah tersambung dan nano nya juga sudah mengindikasi bahwa ia telah hidup, langkah selanjutnya dengan mengatur IP laptop kita ke static IP terlebih dahulu. caranya sangat mudah, silahkan anda baca artikel sebelumnya pada link diatas.

> Setelah itu buka browser kita dan ketikkan IP Address default nanostation yaitu 192.168.1.30 / 192.168.1.30. maka akan muncul tampilan login ke nanostation nya.

> Sesuaikan saja, default user dan password nya adalah "ubnt", "ubnt".

> Jika sudah login ke home page ubnt nanostation nya maka pilih menu yang disebelahnya yaitu menu Wireless,

Nah disini cukup mudah sekali, tinggal ikuti petunjuk dari nomor 1 hingga nomor 4 nanostation sudah dapat berjalan.
Nomor 1 : yaitu langkah dan pastikan sudah berada dimenu tersebut.

Nomor 2 : Pada pilihan ke dua ini yang membedakan nanostation akan digunakan sebagai AP atau Client,  atau bahkan sebgai reapeter juga bisa. tetapi berhubung ini kita akan membuat sebagai client maka kita pilih Mode Station.

nomor 3 : ini adalah inti dari persoalan kita yaitu dengan mengeklik "Select" ini, maka seluruh jaringan yang tersedia akan muncul disini. atau seluruh AP yang memancarkan sinyalnya akan muncul disni. Klik dan pilih jaringan AP yang akan diambil, pastikan SSID atau mac Address nya sesuai, atau bisa dilihat pada gambar ini :

Nah, pilih dan pastikan jaringan benar dengan AP yang kita inginkan. namun ini disertakan user pasword loginya untuk menyambungkan nya, tidak semena-mena kita. kecuali WIFI.ID mungkin bisa saja. kemudian klik LOCK AP

> Kemudian lanjut ke nomor 4 gambar yang sebelumnya tadi, untuk memasukan akses AP yang kita tembak untuk bisa tersambung.

> Pastikan kita sudah berada pada nemu Network.

Nomor 1 : kita gunakan saja sebagai Bridge Mode karena kita akan mengikuti pembagian IP atau komputer kita akan mengikuti kelas IP si AP yang kita tembak, bukan si Station ini.

Nomor 2 : kita ubah ip ke static agar memudahkan kita untuk mengatur ulang si nanostation ini dikemudian hari. sehingga kita tidak perlu mereset alat ini, tinggal masuk ke IP yang sudah kita buat ini. 

> Sesuaikan IP nya dengan aturan IP di jaringan anda.

> Station sudah berjalan, dan tinggal di colok ke Router untuk dapat dibaca di Frekuesi 2,4Ghz

Terimakasiih semoga membantu, Jangan segan untuk berkomentar,. kritik dan saran sangat saya butuhkan. terimakasih..