Catatan Dan Sharing Information

Wednesday, December 6, 2017

Cara Setting PTP Nanostation M5 Sebagai Access Point



NanoStation m5 merupakan perangkat yang sudah banyak digunakan pada dunia jaringan diIndonesia, tidak sedikit yang menggunakan teknologi yang persis pada type diatas maupun pada type-type yang lain, pada dasarnya sama saja secara fungsi dan kegunaanya. 

NanoStation m5 ini bekerja pada Ffrekuensi 5Ghz, dimana frekuensi ini masih belum banyak perangkat Laptop ataupun Smarphone yang mampu membaca pancaran sinyal ini. karena laptop maupun Smartphone saat ini hanya mampu mendeteksi sinyal pada frekuensi 2,4 Ghs saja. 

Pada artikel ini kita tidak berfokus kepada definisi bahkan tidak membahas apa fungsi daripada alat ini. Untuk mengkonfigurasi Nanostation m5 ini sangatlah mudah, sama dengan perangkat-perangkat ubiquiti lainnya, mungkin hanya beberapa fitur yang berbeda. Berikut Langkahnya :

1. Karena pada IP default perangkat ini disetting dari pabrik default IP nya adalah 192.168.1.20, maka jika kita ingin masuk pada IP tersebut kita harus mensetting Laptop/komputer kita ke IP pada class dan subnet yang sama. 

Cara Settiing IP pada Laptop bisa pergi ke Start -> Control Panel -> pada menu Network and Internet pilih View Network Status and Tasks -> Lihat pada menu pojok atas kiri Pilih Change Adapter Settings -> Pilih Ethernet yang akan terhubung ke LAN nya NanoStation -> Klik Kanan Properties -> Pilih IPv4 dan Klik 2 Kali. Maka akan muncul seperti ini :

Sesuaikan Settingan nya seperti gambar diatas.

2. Setelah selesai mensetting IP laptop kita, kemudian pasang kabel LAN ke POE dan kabel power POE. 

3. buka browser Chrome maupun Mozilla pada komputer yang terhubung dengan LAN yang tersambung pada POE. Kemudian ketikkan IP 192.168.1.20, jika tidak muncul bisa dengan menambahkan https://192.168.1.20.

 4. Jika dibukan melalui Mozilla akan ada notifikasi bahwa kita menggunakan https maka klik saja Canggih / Advanced -> Tambah Pengecualian -> Konfirmasi
Jika dibuka melalui Crhome klik saja Procced. 

 5, Maka  akan Masuk Home NanoSation yang meminta authentikasi login, 
 Masukkan saja username : ubnt, password : ubnt.. Ceklist I Agree to these bla bla bla

6.  Klik Login maka akan kemenu dasbor login ubnt nya
  

7. Klik saja menu-menu barisan atas WIRELESS. Karena ini akan kita jadikan sebagai ACCES POINT maka kita harus mensetting NanoStation ini sebagai Access Point. Sedangkan client nanti yang akan menggunankan sebagai STATION.
Samakan settingan nya seperti pada gambar Dibawah :
Jangan lupa untuk membuat authentikasi dibawah dengan memasukkan password yang akan digunakan oleh client yang menangkap sinyalnya.

8. Klik Change -> Apply

9. Kemudian pergi ke network NanoStation m5 nya, yaitu di menu NETWORK sebelahnnya menu yang tadi.
Setting network Mode pada BRIDGE MODE. kemudian pada settingan IP Address gunakan IP STATIC sesuaikan pada jaringan yang akan disalurkan di NanoStation ini. 

10. Klik Change -> Apply

11. Setting NanoStaion Sebagai Access Point sudah Selesai, perangkat ini sudah memancarkan sinyal dengan frekuensi 5GHZ. 

Setelah selesai tinggal bagaimana kita akan menangkap sinyal pancarannya dengan alat yang sama. bagaimana client bisa menangkap sinyal ini. Lanjut ke Artikel Berikutnya.
Terimaksih semoga bermanfaat dan dapat membantu para teknikal jaringan diseluruh Indonesia.